Sabtu, 07 Maret 2009

TEORI RICARDIAN

David Ricardo (1772-1823)
TEORI RICARDIAN : The Principles of Political Economy and Taxation : 
Diterbitkan 1917 Edisi 1921

ASUMSI TEORI RICARDO
Seluruh tanah digunakan untuk produksi gandum dan angkatan kerja dalam pertanian membantu menentukan distribusi industri.
“law of diminishing return” berlaku bagi tanah (HUKUM PENURUNAN HASIL)
Persediaan tanah adalah tetap
Permintaan akan gandum benar-benar inelastis
Buruh dan modal adalah masukan yang bersifat variabel
Keadaan pengetahuan teknis adalah tertentu (given)
Seluruh buruh dibayar dengan upah yang cukup untuk hidup secara minimal
Harga penawaran buruh adalah tertentu dan tetap
Permintaan akan buruh tergantung pada pemupukan modal; dan bahwa baik harga permintaan maupun penawaran buruh tidak tergantung pada produktivitas marginal tenaga kerja.
Terdapat persaingan yang sempurna
Pemupukan modal dihasilkan dari keuntungan;

 Dari asumsi tersebut Ricardo membangun teorinya tentang saling hubungan antara tiga kelompok dalam perekonomian ;
- Tuan Tanah
- Kapitalis
- Buruh
 Ricardo “ Hasil bumi yang diperoleh dari permukaannya dengan menggunakan buruh secara terpadu mekanisasi, dan modal), dibagi-bagikan kepada tiga kelas masyarakat yaitu PEMILIK TANAH, PEMILIK STOK KAPITAL dan BURUH.
 Pembagian sewa, keuntungan, dan upah
Sewa Per unit buruh adalah perbedaan antara produk rata dan produk marginal. Atau keseluruhan sewa sama dengan perbedaan antara produk rata-rata dengan produk marginal di kalikan dengan banyaknya tenaga kerja dan modal yang digunakan dalam pengolahan tanah. Tingkat upah ditentukan oleh cadangan upah dibagi dengan jumlah buruh. Jadi dari keseluruhan gandum yang dihasilkan dan dijual, sewa mempunyai prioritas utama dan sisanya (hasil dikurangi sewa) dibagi-bagikan sebagai upah dan keuntungan, sementara bunga termasuk dalam keuntungan.
 Proses Pemupukan Modal.
Penupukan modal merupakan keuntungan, sebab keuntungan merupakan kekayaan yang disisihkan untuk pemupukan modal.
FAKTOR PEMUPUKAN MODAL :
1. Kemampuan untuk menabung
2. Kemauan untuk menabung
Sumber lain pemupukan modal
Ricardo, “Pembangunan ekonomi tergantung pada perbedaan antara produksi dan komsumsi; dengan kata lain Modal dapat dinaikkan dengan cara menaikkan produksi atau dengan mengurangi Konsumsi yang tidak produktif”.

 PAJAK menurut Ricardo, pajak hanya dikenakan untuk mengurangi konsumsi yang berlebihan. Namun Ia tidak menyetujui pengenaan pajak karena pajak akan mengurangi pendapatan, laba, dan pemupukan modal.
 TABUNGAN “Tabungan dapat dibentuk dengan cara menghemat pengeluaran, memproduksi lebih banyak, dan dengan meningkatkan tingkat keuntungan serta mengurangi harga barang.
 PERDAGANGAN BEBAS Ricardo “Perdagangan bebas merupakan faktor penting bagi pembangunan ekonomi suatu negara. Tingkat keuntungan dapat terus menerus tinggi, sehingga sumberdaya dunia dapat digunakan secara lebih efisien melalui perdagangan luar negeri.

TEORI RICARDO
 OY Mengukur banyaknya gandum
 OX Mengukur jumlah buruh yang di pekerjakan.
 Kurva AP: Produk rata2 TK
 MP : Produk marginal TK
 OM : Jmlh Buruh
 OQRM : Jumlah keseluruhan gandum yang diproduksi.
 Sewa ditunjukkan PQRT sbg perbedaan antara AP dan MP.
 OW tingkat upah minimal untuk hidup
 WL kurva penawaran buruh
 OWLM jumlah upah secara keseluruhan.
 WPTL Jlh Keuntungan total adl Sisa stlh jlh keseluruhan out put dikurangi sewa dan upah.
 WPTL = OQRM – (PQRT-OWLM)

o Jumlah keseluruhan output meningkat bersama pembangunan ekonomi, bersamaan dengan itu dan gaji juga miningkat. Hal ini mengarah pada peningkatan jumlah buruh secara proposional.
o Karena penunduk meningkat maka permintaan gandum menigkat, yang pada gilirannya akan menaikkan pula harga gandum.
o Berlakunya “law of diminishing return” pd tanah, sewa akan meningkat, dan keuntungan akan cendrung menurun. Akhirnya kenaikan penduduk dan sewa akan menghilangkan keuntungan situasi ini diterangkan dg gambar :
o Apabila jlh buruh meningkat dr OM ke ON dan keseluruhan out put adlh OABN dr jlh ini OW SN adl jlh keseluruhan upah & WABS adl sewa. Disitu tdk ada keutungan sedikitpun


PENILAIAN KRITIS
Ricardo adalah pelopor ahli ekonomi modern dan pendapatnya mengenai pertumbuhan ekonomi telah dianut oleh banyak kalangan. Pendapat2 Ricardo :

 Pembangunan Pertanian
Menekankan peningkatannya pembangunan pertanian dalam pertumbuhan ekonomi, sebab pembangunan industri tergantung pada sektor itu.
 Tingkat Keuntungan
Peningkatan tingkat keuntungan dalam pembangunan ekonomi sebab pemupukan modal tergantung pada kenaikan tersebut.
 Pentingnya Tabungan
Menekan pentingnya tabungan bagi pemupukan modal.
 Perdagangan Luar Negeri
memberiakn tekanan khusus pada perdagangan luar negeri sebagai sarana memperbaiki keadaan perekonomian sebab perdagangan dalam negeri akan membawa pemanfaatan sumberdaya secara maksimum dan peningkatan pendapatan.
 Teori Dinamis
Menyajikan suatu teori yang dinamis yang menganalisa pengaruh perubahan dari beragai variabel pada pembangunan ekonomi seperti penduduk, upah, sewa, keuntungan dan sebagainya.

Ricardo adalah pelopor ahli ekonomi modern dan pendapatnya mengenai pertumbuhan ekonomi telah dianut oleh banyak kalangan. Pendapat2 Ricardo :

o Mengabaikan Pengaruh Teknologi
Teknologi maju dalam lapangan industri berakibat pada penggantian buruh dan konsekuensi lain yang merugikan. Teori Ricardo didasarkan pada hukum penurunan hasil ( law of diminishing retur)

Tidak ada komentar: